Selasa, 28 September 2010

ILMU FAAL (FISIOLOGI)

>>>MataKuliah ini merupakan matakuliah wjib tentang iLmu FaaL Olahraga yang membahas tentang perubahan fisiologi yang bersifat smentara maupun bersifatmenetap sebagai hasil pelatihan berbagai kegiatan olahraga; setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui perubahan fungsi alat-alat tubuh manuasia, disampingitu juga dapat memahami konsep ilmu faal yang diperlukan untuk dapat menerapkansecara benar dan baik dalam tugasnya sebagai ilmu olahraga, olahragawan, guru penjaskes atau sebagai pelatih olahraga prestasi.

>>> matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa diharapkan mampu mengetahuiperubahan fungsi alat-alat tubuh manusia yangbersifat sementara maupun tetap, bak saat istirahat maupun saat aktif bekerja atau berolahraga. 


>>Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari faal (fungsi) organ-organ tubuh. terutama organ tubuh bagian dalam yangberkaitan dengan jantung, paru-paru, alat pencernaan, ginjal,otot dabn syaraf. Ilmu Faal Olahraga merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga. definisi ilmu kedokteran olahraga menurut A. Venerando (1975) adalah "Amplikasi ilmu kedokteran pada olahraga dan akyifias fisik umunya, agar dodapat keuntungan segi preventif dan kemungkinan terapoetis dari berolahraga untuk mempertahankan keadaan sehat dan menghindari setiap keadaan yang berhubungan dengan kelebihan atau kekuranan latian fisik"


> Metabilisme
metabolisme (pertukaran zat) adalah proses-proses kimia yang terjadi didalam tubuh manusia/sel; pertukaran zat terhadap seseorang berbeda tergantung pada berat atau tidaknya pekerjaan yang dilakukan. ada dua macam metabolisme yaitu ;
  1. katabolisme (dissimilasi) yaitu proses penguraian zat untuk membebaskan energi kimia yang tersimpan didalam senyawa organik.
  2. Anabolisme (Asimilasi) yaitu perombakan zat (hasil katabolisme) menjadi suatu energi.
kalau asimilasi lebih besar dari dissimilasi makan tubuh kita akan menyimpan kelebihan zat tersebut dampaknya tubuh kita akan menjadi gemuk. sebaliknya jika dissimilasi lebih besar daripada asimilasi dampaknya tubuh kita akan menjadi kurus. oleh karena itu harus adanya keseimbangan antara asimilasi dan dissimilasi.

cara mengukur pertukaran zat ada dua yaitu;
  1. Secara langsung, yaitu dengan menghitung nilai energi dari santapan yang kita makan selama waktu tertentu. Maka akan didapatkan selisih energi (kalori) dari nilai kalori santapan dari ampas makanan selisih E inilah jumlah zat yang terpakai dalam badan kita (pertukaran dalam tubuh)
  2. Secara tidak langsung, yaitu mengukur banyaknya kalori/panas/energi yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Dasarnya : waktu istirahatakan mengubah energi menjadi panas, juga termasuk energi yang dipakai untuk lerja kelenjar, kerja otot, jantung, pernapasan, gerak usus mencerna makanan, kerja ginjal dan hati.

> Peredaran Darah
Peredaran darah pada jantung terjadi akibat adanya gerakan yang dibedakan menjadi dua jenis, yakni sistole (kontraksi) dan diastole (relaksasi). Hukum kontraksi otot bila dirangsang salahsatu otot jantung maka seluruhnya akan berkontraksi atau selurusnya tidak sama sekali.
Alat peredaran darah terdiri dari ;
  1. Jantung, untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Hukum kerja jantung adalah akan memompakan darah keluar jantung sebanyak darah yang masuk ke jantung. artinya jantung bekerja dalam mengalirkan darah sesuai dengan jumlah darah yang masuk.
  2. Pembulu darah, merupakan saluran darah untukmengalirkan darah keseluruh tubuh. Meliputi pembuluh nadi ateria, pembuluh balik vena dan pembulu rambut capiler. Fungsi dari capiler adalah tempatpengmbilan nutrisi, hormon, metabolit secara pinositosis. Arteri merupakan darah yang mengalirkan darah driarah jantung menuju jaringan atau organ sedangkan vena merupakan pembuluh darah balik yang berfungsi mengalirkan dari organ ke jaringan.
  3. Kelep atau Katub (valvula) untuk mengatur jalannya darah sehingga darah akan mengalir satu arah. Katub atrioventrikular kanan atau katub bikuspidalis menghubungankan antara atrium dan bilik kanan sedangkan katub antriventrikular kiri menghubungkan ruang atrium dan ventrikel kiri.
Peredaran darah manusia ada dua macam yaitu;
  1.  Peredaran darah kecil, dari jantung ----> paru-paru ----> jantung. tujuannya untuk membuang atau membersihkan CO2 dan mengambil O2 dari paru-paru.
  2.  Peredran darah besar, dari jantung ----> keseluruh tubuh ----> jantung melalui venacava superior dan interior. tujuannya; untuk mengalirkan zatmakanan dan O2 guna memberi makanan pada sel-sel tubuh  dan O2 untuk oxydetie sel guna menghasilkan atau membebaskan energi dan untuk mengangkut CO2 di air hasil ampas oxydatie guna membuang ke alat-alat pembuangan (paru-paru dan ginjal)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar