Minggu, 03 Oktober 2010

PeRedaRan DaRaH

>>> Jantung
Jantung merupakan alat yang sangat fital dalam sistem peredaran darah. Jantung alat yang memompa darah keseluruh tubuh dengan membawa oxigendan nutrisi keseluruh tubuh yang memerlukan. jantung terdiri dari 2 atruim dan 2 ventricul. Atrium terdiri dari atriumdexter (serambi kanan) dan atruim sinister (serambi kiri). Ventricul terdiridari ventricul dexter (bilik kanan) dan ventricul sinester (bilik kiri).


Dinding jantung terdiri dari otot yang berlapis tiga yaitu;

  1. Endocardium, merupakan lapisan yang paling dalam, terdiri atas endotel, jaringan ikat subendotel dan lapisan otot tang tipis.
  2. Myocardium, merupakan lapisan yang paling tebal yang didominasi masa otot.
  3. Epicardium, merupakan lapisan luar yang kemudian membuat duplikator bersama lapisan perikardium
perbandingan otot jantung seorang atlet aerobik (endurance), an aeribik dan non atlet. Atlet aerobic jantngnya lebih besar, atlet yang mengandalkan an aerobic dinding ototnya lebih tebal dan kuat, sedangkan yang bukan atlet jantungnya lebih kecil.




>>> Susunan pembuluh darah.
struktur terpenting dari sistem pembuluh darah adalah arteri, vena dan kapiler. Arteri merupakan darah yangmengalirkan darah dari arah jantung menuju jaringan atau organ sedangakn vena merupakan pembuluh darah balik yang berfungsi mengalirkan darah dari organ atau jaringan menuju jantung. kapiler berfungsi sebagai temapt pengambilan nutrisi, hormon, metabolitsecara pinositosis.



Hukum kerja jantung adalah jantung hanya akan memompa darah keluar jantung sebanyak darah yang masuk. Artinya jantung yang bekerja dalam mengalirkan darah sesuai dengan jumlah darah yang masuk. peredaran darah manusia secara umum terdapat dua macam perearan darah yaitu;

  1. Peredaran darah kecil, yaitu dari ventricel dexter mengalir masuk ke arteri pulmonalis terus masuk ke dalam pulmo (paru-paru) sebelah kiri dan pulmo sebelah kanan. kemudian darah tersebutkembali ke jantung melalui vena pulmonalis terus masuk ke antrium sinister.
  2. Peredaran darah besar, yaitu darah mengalir dari ventricel sinister keluar menuju aorta terus ke arcus aortae kemudian masuk ke pembulu kapiler mengalir ke seluruh tubuh lalu kembali lagi ke jantung melalui vena cava.

Tujuan peredaran darah tersebut yaitu;

  1. Peredaran darah kecil; untuk membuang dan membersihkan CO2 (Karbondioksida) dan mengambil O2 (oxigen) dari paru-paru.
  2. Peredaran darah besar ; untuk mengirimkan zat makanan dan O2 guna memberikan makanan pada tubuh dan O2 untukoxydatie sel guna menghasilkan atau membebaskan energi dan untuk mengangkut CO2 di air hasil ampas oxidatie guna dibuang ke alat-alat pembuangan (paru-paru dan ginjal).
cara mengukur tekanan darah yaitu dengan menggunakanStetoskop dan spigmomanometer air raksa dan balut Riva Rocci, Tekanan darah normal 120 / 70 mmHg.


Inervasi Jantung (persyarafan jantung)
Invervasi jantung ada dua macam, yaitu kontrol intrinsik (dari dalam jantung itu sendiri) dan kontrol ekstrinsik (dari luar jantung).


Gangguan pada sistem kardiovaskular (peredaran darah)

  • Penyakit jantung koroner (Sumbatan pada arteria koroneria jantung).
  • Perikarditus (radang perikardium)
  • Endokarditis (radang endokardium)
  • gagal jantung (kegagalan jantung memenuhi kebutuhan sirkulasi tubuh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar