Sabtu, 16 Oktober 2010

SisteM PenCeRnaaN (2)

  • Usus Halus. 
Usus halus terbagi menjadi duedenum, jejenum dan ileum. Duedenum merupakan bagian pertama usus halus dengan panjang sekitar 25cm. Jejenum merupakan dua perlima bagian awal setelah duedenum sedangkan ileum merupakan tiga perlima bagian akhir. Pada duedenum terjadi pencernaan yang dibantu enzim yang berasal dari pancreas dan empedu, sedangkan jejenum, pencernaan disempurnakan dengan enzim yang dihasilkan oleh usu halus sendiri. Pada ileum makanan sudah dicerna secara sempurna dan dapat diserap.



  • Pancreas 
pancreas dikenal sebagai "kelenjar ludah" perut, pancreas memiliki dua bagian, bagian endokrin dan eksokrin. bagian endokrin menghasilkan hormon (insulin dan glukagon), sedangkan bagian eksokrin berperan dalam proses pencernaan, dengan cara menghasilkan enzim-enzim (getah) yang dikeluarkan ke duedenum dan digunakan untuk mencerna karbohidrat, protein dan lemak.

  • Usus Besar
Usus besar atau kolon memiliki panjang sekitar satu setengah meter. Kolon dimulai sebagai sekum (kantong yang mekar) dan padanya terdapat apendiks vermivormis atau umbai cacing. Kolon dibagi menjadi tiga bagian yakni kolon ascendens, kolon transversum dan kolon descendens. bagian selanjutnya dari kolon disebut kolon sigmoid dan rectum. Pada usus besar proses yang terutama terjadi adalah penyerapan air dan pembusukan makanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar